Wisata Candi Sukuh dan Cetho

Jika ditanya mengenai candi yang ada di Jawa Tengah, maka secara otomatis kita menyebut Borobudur. Padahal masih banyak candi-candi lainnya selain Borobudur, Prambanan, Mendut atau Ratu Boko yang berdiri tegak di Jawa Tengah. Contohnya adalah Candi Sukuh dan Cetho.

  • Candi Cetho

h 12

Candi Cetho merupakan candi Hindu yang didirikan pada abad ke-15 (akhir masa kerajaan Majapahit). Pada awalnya Candi Cetho berupa 14 teras (undakan), akan tetapi sekarang hanya 9 teras saja yang masih tersisa.

Candi Cetho hingga saat ini masih aktif dimanfaatkan sebagai tempat peribadatan umat Hindu. Selain itu, di sekitarnya sekarang juga dikelilingi homestay yang biasa digunakan oleh peziarah di Candi Cetho yang umumnya datang dari Pulau Dewata untuk beribadah.

Saat masa pemerintahan Ibu Rina Iriani (Bupati Karanganyar), dibangun puri sebagai tempat peribadatan umat Hindu dengan nama Puri Saraswati. Masih berada di area Candi Cetho yang berupa sumbangan dari Kabupaten Gianyar.

Patung Dewi Saraswati sebagai lambang kebijakan, Meru (bagian pura) beserta satu sumur yang berasal dari mata air alami dibangun megah dan indah di tengah hutan rimbun.

  • Candi Sukuh

h 13

Secara administrasi candi Hindu ini berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ( bekas Karesidenan Surakarta). Candi Sukuh dikategorikan sebagai candi Hindu berkat adanya objek pujaan yoni dan lingga.

Bahkan candi ini dianggap sangat kontroversial sebab bentuknya yang dinilai kurang lazim serta penggambaran-penggambaran alat kelamin manusia dalam bentuk eksplisit di sejumlah figurnya.

Namun terlepas dari semua itu, bangunan Candi Sukuh sebenarnya memberikan kesan yang sederhana yang sangat mencolok kepada para pengunjung. Kesan yang memang sangat berbeda dibanding dengan candi-candi besar lainnya di Jawa Tengah seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

Baca Artikel Lainnya :

Candi Sukuh berbentuk menyerupai bangunan Suku Maya Meksiko atau layaknya peninggalan Inca yang ada di Peru. Selain itu, strukturnya juga mengingatkan para pengunjung pada bentuk piramida di tanah Mesir.

Batu-batuan candi yang digunakan memiliki warna sedikit kemerahan karena merupakan batuan dalam jenis andesit.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *