Wisata Gunung Bromo Jawa Timur yang Populer

Kepulauan Jawa di Indonesia memiliki potensi untuk menjadi daerah wisata salah satunya yaitu daerah yang berada di Jawa Timur yaitu Darah Wisata Gunung Bromo yang banyak sekali didatangi oleh para wisatawan baik dari dalam negeri ataupun dari mancanegara dengan udara yang sejuk dan baik untuk bersantai dengan keluarga.

fi 88

Gunung Bromo adalah Gunung di daerah Jawa Timur bagian Indonesia yang berada di daerah administrative empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo yang masih dalam keadaan gunung yang aktif dan memiliki ketinggian setinggi 2.329 meter diatas permukaan laut sehingga keindahan alam yang dapat dirasakan dan dilihat dari ketinggian Gunung Bromo.

Gunung Bromo berasal dari salah satu nama Dewa dalam agama Hindu yaitu Dewa Brahma yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru seluas 800 Km persegi yang melingkupi kawasan Gunung Bromo dan Gunung Semeru serta telah menjadi tempat wisata yang terkenal di Indonesia.

Kawasan Gunung Bromo memiliki terkenal dengan wisata matahari terbit dan terbenam yang indah, dan hanya dapat dirasakan dengan menaiki ke puncak Gunung Bromo yang dipandu dengan pemandu didaerah tersebut.

Untuk dapat menyaksikan matahari terbit maka kita hanya cukup mengatakan pada pemilik penginapan saat sebelum menyaksikan matahari terbit, sekitar jam 2 dini hari kita akan dibangunkan oleh pemilik penginapan serta mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa untuk menaiki Gunung Bromo. Setelah sampai di puncak dari Gunung Bromo maka lelah yang kita rasakan akan segera terbalaskan dengan suasana yang sangat tenang dan indah saat matahari terbit.

Gunung Bromo memiliki kawah dengan diameter sepanjang 80 meter dari Utara ke Selatan dan 600 meter dari Barat ke Timur serta kandungan belerang yang cukup tinggi yang dapat diukur dari terciumnya belerang yang muncul dari kawah saat berdiri di tepi kawah.

Untuk mencapai kawah Gunung Bromo maka kita harus menaiki tangga sebanyak 250 anak tangga, selain itu kita pun dapat menunggangi kuda milik warga sekitar. Udara yang terdapat di Gunung Bromo dapat mencapai suhu yang berkisar sekitar 3-20 derajat celcius bahkan jika dalam keadaan tertentu dapat mencapai suhu minus 0 derajat Celcius

Selain keindahan alam yang dimiliki dari Gunung Bromo terdapat hal yang menarik dari Gunung Bromo yaitu Suku yang mendiami daerah Gunung Bromo yang dikenal dengan Suku Tenger. Suku Tenger merupakan suku asli yang mengikat kain sarung pada bagian leher atau menggantungkannya di bagian pundak serta menganut kebanyakan agama Hindu.

Sangat menyenangkan bukan bila mampir berwisata ke Gunung Bromo. Selain keindahan alam yang ditawarkan kita juga bisa belajar tentang cerita dan budayanya. Ayo, sempatkan diri anda kunjungi Gunung Bromo!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *