Wisata Hutan, Alternatif Bagi yang Ingin Menghilangkan Stress

Wisata Hutan, Alternatif Bagi yang Ingin Menghilangkan Stress – Anda tentu sering mendengar tentang hutan. Di sekolah, televisi, media cetak, dan internet. Hutan merupakan tempat yang memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia, dan Indonesia diberkati dengan banyaknya hutan yang ada di setiap pulaunya. Namun dari sekian banyak hutan yang ada di negara ini, pernahkah Anda berpikir untuk berwisata ke dalamnya?

a

Kenapa harus wisata ke hutan?

Jika Anda adalah orang kota yang sedang ingin berlibur, maka melakukan ekowisata ke hutan adalah sebuah alternatif yang menarik. Jika Anda belum pernah menginjakkan kaki di dalamnya, maka Anda belum benar-benar mengerti kenapa kawasan ini adalah anugerah Tuhan. Inilah alasan Anda harus berwisata ke hutan:

  • Apresiasi

Cara apa lagi yang paling baik untuk mengapresiasi selain merasakan sendiri bagaimana hutan tersebut? Anda akan lebih mengerti ekosistem hutan, dan flora dan fauna di dalamnya.

  • Tempat liburan unik

Pantai merupakan tempat liburan yang sudah terlalu sering dikunjungi. Bepergian ke hutan akan memberikan pengalaman yang berbeda.

  • De-stress

Berkunjung ke hutan, mendengarkan suara angin, dedaunan, serta hewan-hewan di dalamnya akan membuat Anda rileks.

Bersikap bijak di dalam hutan

Anda harus memiliki persiapan yang matang. Tentu, Anda kemungkinan akan berkeliling bersama dengan pemandu, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga, bukan? Inilah yang sebaiknya Anda lakukan ketika berwisata di sini:

  1. Ikuti jalur

Di dalam hutan biasanya sudah ada jalan setapak yang dibuat orang-orang yang sering melewatinya, terutama jika hutan tersebut merupakan hutan wisata. Ikutilah jalur tersebut jika Anda tidak ingin tersesat.

Agen Poker
  1. Bawa kantong sampah

Anda tentu membawa makanan dan minuman untuk persiapan. Jangan kotori hutan dengan sampah Anda, bawalah sampah tersebut dan buang ketika sudah di rumah.

  1. Jangan rusak flora

Aturan yang sangat jelas. Flora yang ada di dalam hutan bukanlah properti Anda, apalagi jika hutan tersebut adalah hutan lindung.

  1. Jaga jarak dengan binatang

Anda kemungkinan akan bertemu dengan hewan-hewan yang tinggal di dalam hutan tersebut. Jaga jarak Anda dengan mereka agar Anda tidak dianggap agresif.

Di mana hutan yang bisa dikunjungi?

Di Indonesia, ada banyak hutan yang merupakan hutan wisata sekaligus tempat konservasi. Jika Anda mencari di internet ataupun di buku panduan wisata, maka Anda akan menemukan banyak tempat, mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau-pulau lain lagi. Hubungilah nomor yang tertera, dan tanyakan tentang hutan wisata tersebut. Jika Anda mau, Anda bisa langsung mengunjunginya.

Hutan merupakan tempat di mana banyak orang mengaku merasa tenang. Jauh dari perkotaan dan kesibukan sehari-hari membuat orang akan lebih bisa menemukan diri mereka sendiri. Bisa dibilang, bagi Anda yang sedang mengalami tekanan, berlibur di tempat seperti ini akan menjadi terapi sendiri bagi Anda. Jangan lupa, jika berkunjung ke tempat seperti ini, selalu beritahu keluarga dan teman Anda, jikalau terjadi sesuatu pada diri Anda di dalam hutan tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

2 thoughts on “Wisata Hutan, Alternatif Bagi yang Ingin Menghilangkan Stress

  1. Pingback: Review of Journal (CO2: The Greatest Scientific Scandal of Our Time/Zbigniew Jaworowski, M.D., Ph.D., D.Sc. Tahun 2007) | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Menikmati 8 Pantai Indah di Gunung Kidul, Yogyakarta | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *