Wisata Pulau Komodo, Tempat Berpetualang Bertemu ‘Naga’

Bila Anda hendak berpetualang, Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara bisa jadi pilihan. Habitat alami dari kadal karnivora raksasa komodo ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1986 oleh UNESCO. Pulau Komodo juga merupakan tempat wisata alam yang indah, dengan pantai berpasir putih, padang rumput, dan hutan hujan tropis.

fi 78

Sejarah Pulau Komodo

Di tahun 1910, militer Belanda yang diwakili oleh Letnan Steyn van Hens Broek menyelidiki rumor tentang ‘naga’ di pulau ini, dan berhasil membunuh seekor komodo, yang lalu dibawa ke ke Botanical Garden Bogor.

Publik mengetahui tentang pulau ini di tahun 1912, dari jurnal karya Peter A. Ouwens. Tahun 1915, pemerintah Belanda mengeluarkan aturan tentang perlindungan komodo.

Kegiatan Wisata di Pulau Komodo

Sekarang ini, Pulau Komodo adalah kawasan wisata yang terkenal. Di sini, Anda bisa menikmati kegiatan seperti:

  1. Trekking

Cara terbaik untuk menikmati keindahan alam dan satwa liar di sini. Anda bisa mendaki Gunung Ara (538 meter dari permukaan laut) dan mengamati satwa liar.

Ada 4 jalur trekking yang bisa dipilih, dari short sampai long trek, sepanjang 1-8 km. Anda akan ditemani oleh ranger lokal.

  1. Snorkeling dan menyelam

Ekosistem bawah laut di Pulau Komodo juga sangat kaya. Ada lebih dari 368 spesies terumbu karang, bunga karang, dan binatang laut seperti penyu hijau, lumba-lumba, paus, dll.

Di bulan Maret-Desember, inilah waktu terbaik untuk mengunjungi:

  • Batu Samsia – tempat penyelaman favorit, dengan rangkaian saluran air penuh interaksi dengan penyu, hiu, dan ikan-ikan kecil.
  • Toko – istana batu pada kedalaman 7 meter di bagian bawah permukaan laut, dengan terumbu karang berwarna-warni dan ikan-ikan di dalamnya.
  • Crystal Rock – ada 5 meter di bawah permukaan laut. Terdapat barramundi cod, Ikan Kakatua, dll.
  1. Pantai

Salah satu pantai terunik di Pulau Komodo adalah Pink Beach. Pasir pantainya berwarna merah muda, yang terjadi akibat campuran pasir pantai dan koral yang hancur. Tempat ini juga sangat cocok untuk snorkeling.

Transportasi dan Akomodasi

Di pulau ini sendiri tak ada penginapan. Namun Anda bisa menginap di:

  • Rumah penjaga – homestay di rumah ranger untuk Pulau Komodo. Rumah panggung, listrik padam pukul 22:00.
  • Kapal sewaan – banyak kapal sewaan yang sudah dilengkapi toilet, tempat tidur, dan paket makan, biasanya berangkat dari Denpasar atau Bima.

Untuk menuju Pulau Komodo, Anda mempunyai pilihan:

  • Laut – dari Tanjung Benoa, Bali ke Labuan Bajo, dilanjutkan ke Pulau Komodo dengan ferry.
  • Darat – pakai bus, dari Denpasar ke Labuan Bajo, baru menuju pulau memakai ferry.
  • Udara – pakai pesawat tujuan Denpasar, dari sana menuju Labuan Bajo.

Selama Anda berhati-hati, tidak membuat ribut, dan dekat-dekat dengan para ranger, Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *