Wisata Religi di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang

Semarang boleh menjadi pilihan anda dan sekeluarga beserta sahabat untuk berlibur ketika harinya tiba. Vihara Buddhagaya Watugong menjadi salah satu tempat wisata religi yang paling sering di kunjungi. Ikon yang sangat terkenal di tempat ini adalah menara Pagoda Avalokitesvara yang artinya pagoda yang penuh cinta dan kasih sayang.

fi 98

Pagoda ini memiliki 7 tingkat lantai yang semulanya bangunan bagian bawah lebar lalu mengecil dan sempit di bagian paling atasnya. Diartikan tingkat ketujuh yang harus dilewati oleh pertapa untuk mendapat kesucian. Ritual yang terkenal yang sering di lakukan adalah Ritual Tjiam Shi yang terkenal cukup akurat untuk meramalkan nasib. Dengan cara menggoyangkan tabung yang berisi kayu-kayu bambu. Bila sampai ketiga kali belum jatuh juga, berarti dipercaya bahwa hari itu anda belum saatnya melihat.

Luasnya yang mencapai 2,25 hektar mempunyai bangunan 2 bangunan utama. Diantaranya adalah Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang sudah ada sejak tahun 1955. Nah disini juga terdapat beberapa bangunan seperti Patung Dewi Kwan Im dan pohon bodi. Keduanya sudah tidak asing bagi umat yang beragama Buddha, karena keduanya merupakan simbol penting yang berperan dalam jalannya hidup agama Buddha.

Vihara Dhammasala dengan patung Buddha keemasan dengan ukuran tinggi dan besar yang sedang duduk di dalamnya juga membuat banyak umat Buddha yang berdatangan. Untuk masuk ke tempat ini, anda harus melakukan ritual menginjak relief babi, ayam, dan ular. Mengapa? Dalam agama Buddha, hewan-hewan tersebut digolongkan dalam sifat keserakahan, kebencian dan kemalasan. Tentunya diharapkan agar kita meninggalkan karakter-karakter tersebut.

Bisa anda bayangkan, bahwa gedung miniatur serta bahan Vihara ini didatangkan langsung dari China dibawah naungan Sangha Theravada. Seperti yang nanti akan anda lihat, dimulai dari atap Pagoda, lampion-lampion, kolam dan lampu naga, berbagai macam bentuk patung dan masih banyak lagi benar-benar asli impor. Tentunya anda harus berhati-hati dan jangan sampai menjatuhkan dan merusaknya.

Ketika anda berkunjung ke tempat ini, hendaknya memakai pakaian yang sopan dan tertutup guna untuk menghormati umat yang sembahyang. Juga anda tidak diperkenankan berbicara kotor atau kasar. Dan yang paling utama adalah anda di mohon untuk tetap menjaga kebersihan di tempat ini. Karena bagi umat beragama, tempat ini dianggap suci dan sakral.

Bagaimana? Apakah anda tertarik? Anda bisa mencoba meramalkan nasib disini. Tentunya anda boleh percaya atau tidak. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada jam operasi 07.00-21.00 WIB. Untuk masuk ke tempat ini juga tidak dikenakan biaya masuk dan boleh memberikan serelanya. Jangan lupa kunjungi Vihara ini ketika kamu sempat berkunjung dan berwisata di Semarang ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *