Wisata Sambil Belajar di Istana Air Taman Sari Jogja

Apakah anda suka dan hobi berenang? Atau anak-anak anda suka bermain? Nah, apakah anda suka dengan yang elegan? Anda bisa merasakan berenang elegan di Istana Air Taman Sari. Suasananya yang terlihat seperti di film-film kerajaan, membuat anda serasa berenang bagaikan keluarga kerajaan. Ya, memang benar dulunya tempat ini adalah benteng pertahanan juga sekaligus tempat liburan bagi keluarga kerajaan.

fi 95

Dan yang akan membuat anda takjub, bangunan keseluruhan terdiri dari 57 bangunan kolam pemandian, kanal air, pulau buatan dan banyak bangunan ber-arsitektur lokal dan sampai taraf internasional. Karena luasnya dan banyak fasilitas menarik di dalamnya membuat taman air ini menjadi populer di kalangan masyarakat Jogja.

Karena luasnya Istana Air ini, terbagi dalam 4 kompleks besar. Dan yang paling populer pertama adalah dibagian sebelah barat ada danau buatan. Nah danau buatan ini ada Pulo Cemethi, Pulo Gumuling dan Pulo Kenongo. Pulo Cemethi yang dikenal dengan tempat meditasinya Sultan, Pulo Gemuling yang dulunya adalah tempat ibadah Sultan dan Pulo Kenongo yang merupakan tempat tertinggi dan dulunya dijadikan tempat pelarian bila musuh datang menyerang.

Komplek kedua yang terkenal adalah Gedhong Gapura Hageng sebagai pintu gerbang paling utama wilayah Barat. Gedhong Lopak-lopak yang dulunya bangunan 2 lantai dan sekarang sudah menjadi taman. Gedong Gapura Panggung yang ada relief dan menceritakan tentang sejarah dulu. Gedong Temanten yang dijadikan pusat tempat penjagaan.

Karena saking luasnya, anda mungkin membutuhkan pemandu di Istana Air Taman Sari ini. Tentunya sangat berguna dan membantu anda dalam mengetahui sejarah dan cerita didalamnya. Anda juga bisa mengetahui fungsi bangunan pada jaman itu. Dan yang pasti anda tidak akan kesasar. Tarif biaya untuk wisatawan lokal 5000 Rupiah dan 7000 Rupiah untuk wisatawan asing.

Nah cukup seru bukan bila anda berekreasi sambil belajar juga? Ya, memang kita tidak boleh melupakan budaya sejarah yang ada disekitar kita. Tentunya anda juga tidak akan bosan datang ke tempat ini. Bayangkan 57 bangunan unik, bersejarah dan sedemikian cerita di baliknya akan membuat anda penasaran dan berdecak kagum.

Keindahan alam sekitar juga di tawarkan di tempat ini. Mata dan pikiran anda akan kembali fresh setelah melihat banyak pepohonan dan air. Cukup 15 menit dari arah Keraton Utara. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Semakin dewasa ini, anak-anak lebih focus ke game gadget dan hampir melupakan sejarah dan banyak menghabiskan waktu di mall. Ajaklah anak-anak anda khususnya, agar mereka juga bisa mengenal cerita sejarah. Nah, bila ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke Istana Air Taman Sari ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *