Wisata Santai di Danau Toba

Danau Toba merupakan danau legenda yang berasal dari cerita rakyat serta banyak sekali diceritakan oleh para orang tua sebelum anak-anak mereka tidur. Danau Toba ini terletak di kepulauan Sumatera tepatnya Sumatera Utara pada Kepulauan Samosir, danau ini memiliki air yang payau dan jernih yang banyak sekali dihidupi oleh beberapa ikan endemik daerah danau tersebut yang digunakan untuk konsumsi penduduk sekitar.

fi 104

Danau Toba memiliki luas sekitar 1.145 Km2 yang berada pada ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut yang tentu saja memiliki udara yang sejuk dan segar disaat pagi hari.

Di Pulau Samosir tempat terletaknya Danau Toba dihuni oleh dua desa yang sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan yaitu desa Tomok dan Tuktuk. Pada desa Tomok banyak sekali daerah wisata yang berisi tentang peninggalan sejarah dari kerajaan-kerajaan yang mendiami dan menguasai daerah Samosir sedangkan untuk desa Tuktuk merupakan desa yang terdiri dari berbagai penginapan untuk para wisatawan.

Terbentuknya Danau Toba dapat dilihat dari dua sudut pandang yang berbeda, pertama Danau Toba terbentuk dari sebuah cerita rakyat yaitu sebuah cerita yang mengisahkan suatu keluarga yang terjadi karena pernikahan antara seorang penduduk dengan siluman ikan yang berasal dari Danau Toba tersebut.

Kedua melalui sudut pandang dari segi ilmiah bahwa Danau Toba terbentuk akibat letusan dari sebuah gunung vulkanik yang menyebabkan masyarakat didaerah Danau Toba pada saat itu mengalami kematian massal hal tersebut pernah diangkat kedalam sebuah diskusi ilmiah melalui layar lebar oleh Discovery Channel yang menceritakan asal muasal dari terbentuknya Danau Toba dari letusan Gunung Vulkanik yang kemudian mengakibatkan kematian massal serta merendam sebagian kota yang terdapat ditengah Gunung Vulkanik tersebut dan menjadikan sebuah Danau yang sekarang kita kenal dengan sebutan Danau Toba.

Daerah Danau Toba tersebut menjadi daerah wisata yang lebih tepatnya yaitu daerah cagar alam dikarenakan hewan-hewan terutama hewan air yang ditemukan memiliki kekhasan tersendiri.

kemudian selain itu kita dapat mengenal sebuah suku dan adat milik negara Indonesia yang merupakan negara yang didiami oleh berbagai suku dan Bahasa serta keanekaragamannya yang membuat kita bangga menjadi warga negaranya, yaitu sebuah suku Batak yang mendiami Danau Toba sudah sejak lama selain itu kita juga dapat melihat sebuah tarian tor-tor yang dimainkan oleh boneka khas suku Batak yaitu boneka sigale-gale.

uniknya boneka ini tidak dikendalikan oleh manusia tetapi menurut kepercayaan masyarakat Batak boneka ini dikendalikan oleh roh leluhur yang menarikan tarian tor-tor.

selain itu di Danau Toba sering diadakan acara rutin tahunan yang memiliki kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah yaitu Festival Danau Toba yang diadakan antara bulan Agustus sampai dengan September. Kemudian kita juga dapat menemukan berbagai souvenir khas suku Batak yang dapat dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh dari Danau Toba.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *