Wisata Sejarah di Gedung Sate Bandung

Gedung ini ialah bangunan bersejarah yang ada di pusat kota Bandung. Dikenal sebagai Gedung Sate sebab gedung ini memiliki satu ciri khas sangat unik berupa ornamen 6 tusuk sate di bagian atas menara sentral. 6 tusuk sate ini melambangkan 6.000.000 Emas yang digunakan dalam membangun gedung berwarna putih ini pada masanya.

fu 8

Gedung ini amat populer tak sekedar di kota Bandung saja, melainkan juga sudah populer di Jawa Barat maupun berbagai pelosok Indonesia.

Bukan sekedar bangunannya saja yang sangat digemari, melainkan juga unsur pelengkap bangunan terbilang berupa taman yang sangat terawat dengan benar. Taman di sekeliling Gedung Sate ialah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto-foto, baik berfoto biasa sebagai kenang-kenangan maupun prewedding dan pengambilan gambar film. Di setiap hari Minggu, selain padat dengan kegiatan wisata, kawasan taman ini ramai dikunjungi orang yang berniat untuk bersantai maupun berolahraga ringan.

Memasuki Kawasan Gedung Sate

Jika Anda berniat masuk ke dalam bangunan yang telah diakui sebagai satu dari beberapa bangunan terindah di Indonesia ini, maka Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Dimana izin ini tak susah didapat bila Anda mengikuti prosedurnya dengan baik. Bila Anda sekedar ingin berada di area atau lingkungan sekitar bangunan saja maka Anda tak membutuhkan adanya izin secara khusus.

Bila Anda masuk ke dalam bangunan Gedung Sate, maka yang pertama kali akan Anda temui adalah seperangkat gamelan khas Sunda yang akan dimainkan hanya pada acara-acara tertentu sekaligus menjamu pengunjung spesial ataupun acara negara. Hampir keseluruhan bagian dari gedung ini merupakan perkantoran, termasuk juga ruangan yang zaman dahulu dimanfaatkan sebagai ruangan penjara bawah tanah.

Suasana berbeda juga Anda dapatkan bila Anda naik ke lantai 4. Untuk lantai 4 ini hampir semua berfungsi untuk menjamu pengunjung spesial maupun acara kenegaraan hingga memiliki suasana yang lebih nyaman. Selain dapat melihat pemandangan mengagumkan dengan bantuan teropong, di lantai 4 ini pula terkandung foto dari semua kegiatan gubernur, dilengkapi juga dengan macam-macam cinderamata dan prasasti dari provinsi Jawa Barat.

Lokasi Gedung Sate

Gedung Sate yang beralamat di Jalan Diponegoro No. 22, Bandung sangatlah mudah dicapai sebab berada di kawasan pusat kota Kembang Bandung dan mempunyai situasi jalanan yang baik. Biasanya wisatawan yang datang dari luar kota berkunjung ke gedung ikonik ini sekaligus dengan Museum Geologi Bandung sebab lokasinya yang berdekatan.

Jam Buka Gedung Sate

Gedung Sate terbuka bagi wisatawan umum hanya di hari libur maupun akhir pekan saja, selain itu membutuhkan izin dari staf keamanan. Di depan kawasan yang sudah menjadi ikon dari kota Bandung ini lazimnya terdapat pasar kaget yang menjual beragam jenis barang dengan harga murah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *