Wisata Taman Nasional Baluran, Indahnya Afrika Pulau Jawa

Wisata Taman Nasional Baluran, Indahnya Afrika Pulau Jawa – Pantai memang sering sekali menjadi sebuah tempat wisata yang begitu terfavorit untuk banyak orang yang sering berlibur.

1

Di Pulau Jawa sendiri mempunyai banyak tempat wisata yang begitu sayang untuk di lewatkan. Akan tetapi jika Anda ingin sekali mencoba wisata alam yang lain, Anda bisa mengunjungi taman nasional yang dapat di jadikan sebagai alternatif pilihan. Salah satunya ialah Taman Nasional Baluran. Baluran memang sering sekali di sebut sebagai Afrikanya Indonesia.

Lokasi

Taman Nasional Baluran berada di Banyuputih, Situbondo serta Wongsorejo utara Banyuwangi, Jawa Timur. Sebelah utara taman berbatasan dengan Selat Madura, sedangkan di sebelah timur ia berbatasan dengan Selat Bali.

Di tengah taman ada Gunung Baluran yang sekarang ini bukan merupakan gunung aktif. Selain hal tersebut, taman ini juga diapit oleh Gunung Ijen dan Gunung Semeru.

Akses

Untuk Anda yang ada di luar Jawa Timur, Anda harus terbang dahulu ke Surabaya. Dari Kota Surabaya ini, Anda dapat mengambil rute jalur Pantai Utara ke timur dan melewati Pasuruan, Situbondo, dan Banyuputih.

Setibanya Anda di Banyuputih, Anda bisa mengambil jalan ke Desa Bilik, dan melanjutkan ke Wongsorejo. Jika Anda ada di wilayah Jawa Timur, Anda dapat mengambil jalur Banyuwangi – Bekol yang bisa di tempuh 47 kilometer.

Jalan untuk menuju Taman Nasional Baluran ini relatif nyaman, karena ia telah di aspal dan jalur lintas provinsi untuk menghubungkan Bali.

Kondisi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ialah padang savana yang sangat luas di Pulau Jawa. Ia juga mempunyai spesies hewan beserta tumbuhan yang sangat beragam. Dengan berkunjung ke lokasi ini Anda seperti berada di Afrika.

Di sini, Anda akan di suguhi dengan berbagai macam pemandangan kawanan rusa yang sering berlarian ke genangan air. Taman ini ialah perwakilan ekosistem hutan kering Pulau Jawa dengan vegetasi savana, hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, hutan pegunungan bawah.

Pesona Taman Nasional Baluran

Bila Anda merupakan salah satu pecinta fotografi, Anda bisa memulai perjalanan dengan menyusuri taman di mulai dari jam 4 atau 5 pagi sehingga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di sela pepohonan dan kabut. Hasil foto Anda pasti akan nampak indah dan dramatis.

Lokasi ini sangat bagus untuk dijadikan spot melihat keindahan sunrise. Selain menikmati sunrise Anda bisa berlayar ke laut dan snorkeling menikmati keragaman biota.

Tips

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran di Bulan Maret hingga Agustus. Anda bisa menyaksikan perkelahian rusa serta monyet berburu kepiting.

Anda dilarang untuk mengganggu, berburu flora fauna, mengambil dan merusak. Sangat di sarankan, Anda untuk membawa bekal sendiri, karena di sini tidak ada fasilitas kuliner.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Wisata Taman Nasional Baluran, Indahnya Afrika Pulau Jawa

  1. Pingback: Beberapa Wisata Pantai Indah di Lombok | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Menikmati Suasana Sepi Pantai Green Bowl Bali | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *