Wisata Upacara Adat Nyangku

Situ Lengkong Panjalu menyimpan sebuah tradisi yang sampai saat ini masih dijaga oleh masyarakat yang tinggal di sekitar yakni Upacara Adat Nyangku.

d 21

Ini merupakan rangkaian prosesi adat untuk menyucikan benda-benda pusaka peninggalan dari Prabu Sanghyang Borosngora beserta para Raja maupun Bupati kerajaan Panjalu yang hingga kini terjaga dan tersimpan rapi dalam pesucian Bumi alit. Nyangku sendiri artinya luas yakni “Nyaangan Laku” atau menerangi perilaku.

Biasanya Upacara Adat Nyangku dilaksanakan satu tahun sekali dan jatuh pada bulan Maulud (kalender Islam) di hari Senin atau Kamis saat akhir bulan Maulud. Prosesi ini mengeluarkan benda-benda pusaka dari dalam tempat penyimpanan.

Kemudian di kirab menuju ke Nusa Larang, Situ Lengkong Panjalu. Doa akan dipanjatkan sesampainya di Nusa Larangan. Baru selanjutnya benda pusaka kembali di arak sangat hati-hati menuju tempat upacara diiringi tetabuhan Gambyung beserta teriakan Solawat.

Puncak dari ritual ni adalah membersihkan benda-benda pusaka menggunakan air yang berasal dari 9 mata air berbeda di daerah yang juga berbeda-beda.

Mulai dari pedang peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora, dilanjutkan pusaka lainnya. Untuk melaksanakan proses pencucian ini digunakan panggung bambu khusus dibuat guna mencuci benda pusaka.

Setelah semua benda pusaka selesai dicuci serta di olesi minyak kelapa asli khusus untuk ritual Nyangku, maka pusaka kembali dibungkus dengan melilitkan janur dan dilapisi 7 kain putih sekaligus diikat kain putih di bagian terluar.

Dilanjutkan dengan pengeringan benda pusaka yang menggunakan bantuan asap kemenyan. Tahap akhir ritual adalah mengarak kembali pusaka untuk disimpan di Bumi Alit.

Baca Artikel Lainnya :

Tradisi Nyangku di Situ Lengkong Panjalu sendiri konon sudah dilaksanakan sejak zaman pemerintahan Prabu Sanghyang Borosngora yang dilakukan di Kerajaan Panjalu. Dimana sang Prabu saat itu berprofesi sebagai Siar Islam untuk rakyat Panjalu dan sekitarnya.

Hingga saat ini Upacara Adat Nyangku menjadi wisata religi yang sangat ditunggu-tunggu oleh pengunjung yang datang ke Situ Lengkong Panjalu selain menikmati suguhan keindahan alam yang asri dan mempesona dari kawasan Situ Lengkong Panjalu.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *