Yasser Arafat, Tokoh Pemimpin Palestina

Biografi Yasser Arafat, Tokoh Pemimpin Palestina – Pemilik nama Mohammed Yasser Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa ini merupakan salah satu pemimpin Palestina yang membela palestina dari desakan Israel. Tokoh pemimpin ini dikenal dengan nama Yasser Arafat.yasser

Yasser Arafat ini lahir pada tanggal 24 Agustus 1929. Yasser Arafat merupakan pemimpin dari organisasi PLO (Palestine Liberation Organization) yang merupakan organisasi dalam usaha pembebasan Palestina. Selain itu, Yasser Arafat juga presiden PNA (Otoritas Nasional Palestina) serta pemimpin partai politik Fatah juga mantan pasukan milisinya yang Yasser Arafat dirikan pada tahun 1959.

Selama hidupnya di dunia, Yasser Arafat menentang keberadaan Israel, atas dasar hak penentuan nasib dari rakyat Palestina. Namun, Yasser Arafat mengubah pendiriannya dari menentang Israel pada tahun 1988 ketika Yasser Arafat menerima Resolusi 242 dari dewan keamanan PBB saat itu. Yasser Arafat dan juga pergerakannya beroperasi dari Negara-negara Arab.

Di akhir tahun 1960an dan di awal tahun 1970an partai politiknya Fatah menghadapi Yordania dalam peperangan sipil. Yasser Arafat dan Fatah dipaksa keluar dari Yordania dan pergi ke Lebanon. Yasser Arafat dan juga Fatah merupakan sasaran utama dari penyerangan Israel tahun 1978 dan invasi ke Palestina oleh Israel tahun 1982.

Di akhir masa berkarirnya, Yasser Arafat ikut dalam berbagai rangkaian negosiasi dengan pemerintahan Israel dengan maksud untuk mengakhiri konflik yang terlah terjadi sangat lama ini antara Israel dengan organisasi yang dipimpin Yasser Arafat (PLO). Serangkaian negosiasi ini termasuk Madrid Conference di tahun 1991, perjanjian Oslo di tahun 1993 da juga Camp David Summit pada tahun 2000.

Lawan-lawan politik Yasser Arafat termasuk kelompok Islamist dan beberapa fraksi kiri dari PLO sering sekali menuduh atau menganggap Yasser Arafat melakukan korupsi atau juga terlalu penurut dan lemah dalam negosiasi persyaratan-persyaratan yang diajukan pemerintah Israel. Namun demikian, pada tahun 1994 Yasser Arafat menerima nobel perdamaian bersama dengan Yizhak Rabin dan Shimon Peres karena negosiasi-negosiasi di Oslo.

Selama waktu tersebut, kelompok Hamas dan organisasi militant lainnya sedang berada dipuncak kejayaan dan menggoyang fondasi dari kekuasaan partai politik Fatah dan pemerintahan yang telah dibangun dan dipimpin oleh Yasser Arafat. Di akhir tahun 2004, setelah diisolasi secara efektif di rumahnya sendiri di Ramallah sekitar lebih dari 2 tahun oleh tentara Israel, Yasser Arafat mengalami sakit dan jatuh koma kemudian meninggal pada tanggal 11 November 2004 ketika berumur 75 tahun.

Namun sampai saat ini penyebab sesungguhnya kematian Yasser Arafat masih menjadi spekulasi , hasil dari investigasi dari tim Rusia dan Perancis yang melakukan penyelidikan mengatakan bahwa tidak ada permainan curang dari pihak manapun dalam kematian Yasser Arafat.

Yasser Arafat masih menjadi tokoh yang controversial yang mana warisannya masih dipertanyakan. Mayoritas rakyat Palestina melihatnya sebagai seorang tokoh pejuang kemerdekaan yang heroic tanpa melihat ideology politiknya. Selain itu rakyat Palestina juga melihat Yasser Arafat sebagai symbol aspirasi setiap orang yang membela hak dan mendengar jeritan hati rakyat Palestina.

Sementara dilain pihak (Israel) menganggap Yasser Arafat sebagai teroris yang tidak mengaku salah. Beberapa kritikus malah menuduh Yasser Arafat melakukan korupsi ditengah keadaan ekonomi rakyat Palestina yang miskin meskipun itu belum tentu benar.

Baca juga : Kofi Annan, Mantan Perdana Menteri Ke 7 PBB

Loading…

One thought on “Yasser Arafat, Tokoh Pemimpin Palestina

  1. Pingback: Napoleon Bonaparte, Pemimpin Militer Perancis | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *