Yunani Kuno, Peradaban Besar Penyumbang Sejarah

Yunani Kuno, Peradaban Besar Penyumbang Sejarah – Kemegahan kuil dewa-dewi di kawasan Yunani tak lepas dari kekayaan sejarah Yunani yang telah dimulai sejak abad ke-8 SM.

Pada masa itu, Yunani dikenal dengan peradaban Yunani Kuno. Peradaban tersebut dimulai dari berdirinya periode Yunani Arkais pada abang 8 hingga 6 SM dan berakhir pada zaman kuno yang juga ditandai dengan dimulainya Abad Pertengahan Awal.

jus lagi

Peradaban yang diperkirakan berdiri pada 1300 tahun yang lalu itu mencapai puncak kejayaannya pada masa Yunani Klasik.

Pada zaman ini pula diperkirakan ilmu berhitung, matematika dan ilmu pengetahuan modern dimulai. Pada masa ini Yunani dipimpin oleh Athena. Di bawah kepemimpinan Athena, Yunani menganut tata kepemerintahan oligarkis-demokratis.

Bahkan pada masa itu, pemimpin-pemimpin Yunani dianggap mulia dan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat melalui pemilihan langsung. Pada masa ini pula, Yunani dikenal aman dan stabil.

Yunani bukan hanya berjaya pada bidang ilmu pengetahuan. Pada periode ini pula Yunani berhasil menghalau serangan dari Kekaisaran Persia.

Sayang masa keemasan ini harus berakhir usai Athena takluk dari Sparta dalam Perang Peloponnesos pada tahun 404 SM.

Pada perang tersebut Sparta yang dibantu oleh beberapa sekutunya berhasil memenangkan perang dan menaklukkan Bangsa Athena. Perang tersebut memakan waktu 27 tahun dan disinyalir menjadi pemicu keruntuhan Yunani Kuno.

Akibat perang tersebut pula, Yunani dilanda kemiskinan dan penderitaan berkepanjangan. Keadaan yang buruk tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Raja Philip II dari kerajaan Makedonia yang kemudian menyerang dan berhasil menguasai Yunani.

Usai runtuhnya periode emas tersebut, Yunani dikenal dengan peradaban Hellenistik. Periode ini juga dikenal dengan sebutan masa transisi.

Pada peradaban ini terjadi pergabungan antara peradaban Yunani dengan peradaban Timur Dekat. Pusat kebudayaan terletak di daratan Yunani hingga ke Aleksandria.

Namun dibalik kejayaan peradaban Yunani Kuno, terletak kekelaman yang mengakibatkan peradaban  besar ini runtuh.

Kejayaan yang berbuah keegoisan para masyarakat Yunani disinyalir menjadi permulaan runtuhnya peradaban besar ini.

Letak geografis Yunani yang luas dan kaya akan keindahan alam ternyata mengakibatkan perpecahan yang berbuah timbulnya negara bagian atau dikenal dengan sebutan polis.

Perbedaan dalam setiap polis menimbulkan persaingan baik dalam kompetisi olharaga maupun perebutan kursi pemerintahan. Bahkan perbedaan ini juga menyebabkan peperangan pada masa itu.

Meski tak luput dari perselisihan dan peperangan, peradaban Yunani Kuno dianggap berkontribusi besar atas terbentuknya Peradaban Barat.

Hal tersebut terlihat dari pengaruh Budaya Yunani pada Kekaisaran Romawi. Pengaruh tersebut bahkan masih terasa hingga keluar Eropa.

Baca Artikel Lainnya :

Peradaban ini juga menyumbangkan kontribusi besar pada perkembangan bahasa, politik, filsafat, ilmu pengetahuan, sistem pendidikan bahkan seni yang hingga kini masih kental terasa.

Bahkan melalui peradaban besar ini lahir tokoh-tokoh dunia, seperti Pythagoras dan Archimedes yang hingga kini masih dikenal.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *