Zat-Zat Penting yang Terdapat dalam Berbagai Jenis Susu

susuZat-Zat Penting yang Terdapat dalam Berbagai Jenis Susu – Mengkonsumsi susu setiap hari tentu amat baik untuk tubuh. Susu sebagai cairan berwarna putih ini memiliki banyak manfaat dengan kandungan zat yang kesemuanya amat berperan dalam keseimbangan dalam tubuh. Susu dapat berasal
dari hewani dan juga nabati.

Berikut kandungan di dalam susu secara umum:

  1. Kalsium, Fosfor dan Protein: zat ini amat berperan penting dalam melindungi lapisan email gigi dan pertumbuhan tulang. Ia dapat membentuk sel-sel baru dan mengganti sel yang sudah rusak. Ketiga zat ini juga membantu untuk merangsang air liur serta menetralisir asam dalam mulut.
  2. Vitamin A dan B2 untuk mempertajam penglihatan serta kolaborasi vitamin E, A, tembaga dan seng dapat mencerahkan kulit dan menjaganya agar tetap sehat.
  3. Potasium untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan menghindari risiko penyakit jantung.
  4. Iodium dapat mengurangi risiko gondok serta bersama Seng (Zn) dan Letisin dapat meningkatkan kinerja kerja otak besar.
  5. Zat besi yang terkandung dapat mengurangi gejala anemia.
  6. Magnesium berguna menjaga tubuh agar tetap fit.
  7. Seng (Zn) dapat mempercepat penyembuhan luka.
  8. Lemak membentuk cadangan energi dalam tubuh.
  9. Enzim Tyrosin dapat membuat tubuh lebih tenang dan rileks, itu sebabnya setelah mengkonsumsi susu, tubuh lebih mudah mengantuk.
  10. Dan beberapa enzim yang terkandung dalam susu melindungi susu agar tetap steril, diantaranya enzim katalase, lisozim dan laktoperoksidase.

Secara garis besar dalam 100 gram susu mengandung 70,5 kilo kalori, 3,4 gram protein, 3,7 gram lemak, 125 mili gram kalsium dan termasuk semua zat-zat yang tertera di atas.

Setelah kita mengetahui khasiat yang tersimpan dari tiap-tiap zat dalam susu, mari kita kelompokan beberapa jenis susu, sebagai berikut:

Susu Sapi

Susu sapi mengandung hampir sebagian besar zat yang tertera di atas. Namun jumlah proteinnya tidak lebih banyak dari susu gandum. Susu sapi ada yang rendah lemak ada yang tinggi kadar lemaknya. Pilihlah susu sapi yang rendah lemak sehingga tidak memberikan efek samping pada tubuh.

Susu Kambing

Susu kambing sedikit berbeda dengan susu sapi dimana susu kambing lebih mudah dicerna untuk sebagian orang. Adapun kandungannya tak berbeda jauh seperti Fosfor dengan kadar tinggi, Seng, Lemak Esensial, Kalsium, Sodium, Flourin.

Susu kambing dapat mengurangi risiko kolesterol dan anemia karena kandungan dalam susu kambing dapat membantu meregenerasi hemoglobin dalam tubuh. Susu kambing pun baik untuk pencernaan. Saking istimewanya susu ini, bahkan peneliti dapat hampir menyetarakan susu ini dengan ASI.

Susu Kedelai

Susu ini merupakan jenis susu yang berasal dari tumbuhan yaitu pencampuran air dengan kedelai. Susu kedelai bebas laktosa, kaya kalsium dan protein serta mengandung lemak jenuh.

Susu Gandum

Susu ini pun merupakan jenis susu nabati yaitu berasal dari gandum. Susu jenis ini kaya akan serat, asam folat, vitamin E dan phytochemical. Susu gandum berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Referensi: Republika-Online, Merdeka.com

Baca Juga: Putih dan Cantik Alami dengan Susu

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *